Sospendik

Informasi Pendidikan, Sosial Budaya dan Pariwisata

Kumpulan materi pesantren kilat (SANLAT) yang mudah dipahami dan menarik


Rasa syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Karena Satu Ramadan 1437 H tinggal menghitung hari. Tentunya bulan ini sangat dinanti oleh kita semua sebagai kaum muslimin, muslimat mu'minin dan muminat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mungkin bagi orang dewasa, menjalankan puasa adalah sesuatu yang mudah dijalani. Namun, tidak demikian halnya dengan anak-anak yang masih belajar puasa, dengan fitrah mereka yang masih senang bermain dan bergerak. Hal ini membuat mereka lebih cepat merasakan haus dan lapar, sehingga para orang tua perlu menyusun strategi untuk mengondisikan anak-anaknya.

Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun beraneka kegiatan untuk anak-anak. Kegiatan yang sudah banyak dilakukan adalah dengan mengadakan pesantren kilat. Biasanya pesantren kilat ini diadakan di sekolah, di Taman Pendidikan Alquran (TPA) atau lembaga-lembaga tertentu. Selain itu, kita pun bisa membuat pesantren kilat sendiri di rumah dengan mengajak anak-anak tetangga di sekitar.

Pesantran Kilat adalah suatu rangkaian kegiatan pendalaman dan penghayatan serta pengalaman ajaran agama islam oleh siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, dilaksanakan oleh sekolah dan atau masyarakat pada waktu kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan

Tapi yang menjadi masalah, materi pesantren kilat Ramadan itu dianggap sesuatu yang sangat membosankan buat anak, karena seringkali di dominasi oleh ceramah agama yang begitu panjang. Oleh karena itu, kita perlu menyusun materi pesantren kilat ramadan yang membuat anak senang dan membuat mereka bertahan untuk menjalankan puasa.

Agar materi pesantren kilat Ramadan tidak membosankan, alangkah baiknya jika kita mengindahkan bagaimana otak dapat dengan optimal menyerap informasi.

1. Buat Sesuatu yang Unik atau Berbeda

2. Buat Kegiatan yang Membangitkan Emosi

3. Berikan Materi yang Relevan bagi Anak

Untuk materi pesantren kilat, materi mungkin bisa lebih banyak. Namun, tetap saja ke-empat materi  di bawah ini harus tetap diikutkan adalah :

Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat, materi tentang Haid, Shalat Berjamaah

           Pembacaan Iqra’ (Al-Qur’an)
Tarikh : Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw.
Akhlaq : Akhlaq kepada Allah & Orang Tua

Model Pesantren Kilat (Sanlat)  yang dipilih adalah model konvensional, yaitu kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilakukan terhadap mahasiswa secara kolektif yang dibimbing oleh tutor yang ditentukan oleh panitia pelaksana Pesantren Kilat (Sanlat) dan telah mendapat arahan dari panitia pengarah dan telah mendapat persetujuan dari Koordinator Perguruan Tinggi La Tansa sebagai  penanggung jawab.

Untuk melihat efektivitas dan efesiensi pelaksanaan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat), maka sangat dibutuhkan adanya materi. penulis memberikan rekomendasi yang dibutuhkan untuk kegiatan sanlat. tinggal download link di bawah geratis.





Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kumpulan materi pesantren kilat (SANLAT) yang mudah dipahami dan menarik"